Selamat datang di Memories blog, jadilah reader yang aktif dan bijaksanalah dalam berkomentar. Copy paste diperbolehkan, asal cantumkan link back ke blog ini. Terima kasih.... Keep tune on this blog^^ Untuk waktu yang lumayan lama, blog ini sementara akan vaccum menulis posting baru, karena alasan tertentu. Mohon maaf dari penulis kepada seluruh reader. . telah diusahakan untuk secepatnya penulis menulis posting kembali. .

26 September 2010

Catatumbo Lightning

Anda tentu saja pernah melihat petir bukan? Sekilas ketika anda lihat apa yang anda pikirkan? Ngeri, hingga ketika ada petir yang terlihat di cakrawala anda langsung menutup telinga dan mata anda? Atau menawan, hingga anda terkesan dengan petir yang membentuk garis-garis bercahaya nan indah yang seakan-akan hendak membelah langit? Bila anda merasa ngeri melihat satu kilatan petir, Memories tidak menyarankan anda untuk pergi ke salah satu danau di Venezuela, yaitu danau Maracaibo. Dimana disana petir akan selalu tampak dengan intensitas yang sangat sering. Beberapa orang melihatnya ngeri, namun banyak juga yang terkesan melihat kilat-kilat petir saling berlomba meraih bumi.

Relámpago del Catatumbo, atau The Lightning of Catatumbo adalah sebuah fenomena atmosfer di Venezuela. Hal ini terjadi sangat sering di area yang berlokasi di muara sungai Catatumbo menuju danau Maracaibo. Disinilah peristiwa langka yang terjadi tepat diatas kepala anda beratus-ratus kilatan petir saling beradu. Hal ini membuat Catatumbo Lightning menjadi generator listrik alami dari ozon yang paling potensial dan paling besar karena dapat menghasilkan 1.176.000 kW listrik atmosfer.

Fenomena petir ini memiliki karakteristik yang terus menerus menyambar dan menghasilkan suara guntur yang kecil (Hampir tak terdengar), yang dihasilkan oleh mengembangnya awan secara vertikal hingga mencapai ukuran besar. Petir-petir ini paling sering terlihat pada siang hingga sore hari dimana penguapan (baik air dari danau maupun metana yang berasal dari rawa-rawa sekitar danau) paling banyak terjadi pada waktu tersebut.

Fenomena ini dapat dilihat dari jarak 25 mil (lebih dari 40 km) dengan jelas, sering disebut pula sebagai Lighthouse of Maracaibo karena cahaya petir yang berpendar menembus awan di langit-langit danau dapat menjadi sumber penerangan layaknya mercusuar sehingga kapal yang berlayar di daerah tersebut dapat memperoleh navigasi tanpa masalah di malam hari.

Rata-rata ‘petir tanpa suara guntur’ ini muncul 160 malam per tahun yang berlangsung hingga 10 jam dengan sampai 280 kilatan petir tiap jamnya. Bayangkan berapa petir yang terbentuk dan apa yang anda rasakan ketika melihat beribu-ribu petir melintas di cakrawala (Menakjubkan menurut saya).

Dibawah ini adalah sebuah video yang saya ambil dari YOUtube, sebuah liputan dari televisi lokal mengenai petir-petir yang turun di atas danau Maracaibo



Penjelasan mengenai Fenomena Catatumbo Lightning

Pertemuan angin dingin dari pegunungan Andes dengan angin panas dari udara lembab yang berasal dari rawa Maracaibo dianggap sebagai faktor utama dalam menjelaskan fenomena Catatumbo Lightning ini. Gas -terutama metana yang terbentuk karena pembusukan tanaman- naik karena menguap dari rawa-rawa. Gas ini menimbulkan pewarnaan cahaya hingga tiap petir yang muncul terkadang berwarna merah, jingga, kuning dan putih menyala. Angel Munoz dari University of Zulia berpendapat bahwa zat kerogen yakni campuran senyawa organik dari batuan sedimen turut berperan (tidak hanya metana). Sehingga gas tersebut naik ke lapisan awan dan membentuk muatan listrik. Tiap petir yang dihasilkan bisa menerangi lampu pijar yang ada di seluruh Amerika Selatan, kalau saja kita tahu bagaimana memanfaatkannya.

So, reader...
Berminat untuk berwisata ke danau Maracaibo, Venezuela?? ^^
gimana view nya? indah bukan?


*Published & Copyright by Memories

(MFS, Wikipedia, Meteogroup, Guardian.uk)

9 komentar:

Hilman Al Anshari on 27 September 2010 20.01 mengatakan...

yang terjadi hanyalah petir atau hujan juga?

Arfian on 29 September 2010 10.04 mengatakan...

gag ada hujan man...
cuma petir2 aja

bagus pmandangannya meski klihatan ngeri ^^

Anonim mengatakan...

awalnya saya kira bakal ada suara super gemuruh yg menulikan telinga

Misterinisme on 27 Oktober 2010 15.25 mengatakan...

Hy sob tukeran link yuk nih linkya
http://misterinisme.blogspot.com
thanks...

top sex news on 13 Januari 2011 00.13 mengatakan...

Bung Admin, ane dah pasang link ke blog sobat. Saya akan sangat berterima kasih bila sobat

mau link balik ke blog ane dengan parameter:

Anchor text & keyword : Top Sex News
URL : http://topsexnews.blogspot.com/

Makasih atas kerjasamanya... :)

Anonim mengatakan...

Is Bigfoot Real or make-believe? For over 4 hundred a long time, there have been reporting’s of a guy like monster that is absolutely covered in hair.
[url=http://www.is-bigfoot-real.com/]yeti[/url]

Arif Jainuri on 16 Maret 2011 21.55 mengatakan...

hujan....

salam Blogger!
salam kenal.......

Visit me:
http://arifjainuri.blogspot.com/

belanja online on 22 Maret 2011 09.56 mengatakan...

280 kilatan petir per jam! :O berarti Depok udah gak jadi kota dengan petir teraktif di dunia dong ya hahaha

Anonim mengatakan...

Hanya dapat disaingi oleh GUNDALA putera petir Indonesia...heheheh....

 

Followers

Site Info

100 Blog Indonesia Terbaik

Like This Blog

me>

Memories Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts